Selasa, 01 Januari 2013

ULASAN KARYA GUNAWAN


                                         JUDUL KARYA        : BARONG                                     
                                         BAHAN                     : CAT MINYAK DIATAS KANVAS
                                         UKURAN                  : 274 Cm   X   145 Cm
                                         TAHUN                      : 2011


ULASAN KAYA "BARONG" Ciptaan  Drs. I Wayan Gunawan, S.Sn
Oleh : A.A. Ngr. Gede Surya Buana 


Menurut Iwayan I Wayan Gunawan, si pencipta karya dengan label "Barong", Barong merupakan  symbol hutan atau kayu besar, dimana pada pepohonan yang besar sudah barang tentu berusia cukup tua, I Wayan Gunawan "menemukan" adanya roh yang mempunyai nilai spirit  tinggi,
Gunawan mempunyai image tentang barong, wajah atau karakter barong yang menyeramkan merupakan wujud salah tafsir dari kebebasan, nilai kebersamaan yang terdapat dalam semua perbedaan. 
Secara Filosofis, kreativitas I Wayan Gunawan rupanya ditunjukkan dengan keberaniannya melepaskan diri dari norma-norma tradisional yang selama ini mempunyai kepercayaan tentang barong: bahwa barong mempunyai karakter atau merupakan perwujudan simbol dari kebenaran maupun simbol kebaikan.
Dalam Kanda Sari diyakini bahwa Barong merupakan salah satu perwujudan dari Ratu Made Jelawung, pada bwana agung  mempunyai posisi di barat, sedangkan pada bwana alit ia menempati ginjal yang diteruskan pada daging, dan mengendalikan "idep" atau pemikiran.
Berdasarkan kepercayaan tersebut Barong bukanlah perwujudan salah tafsir, tetapi ia merupakan perwujudan yang "ngerajeg" pada bwana agung dan bwana alit. 
Berdasarkan pandangan Estetis, Barong karya cipta I Wayan Gunawan, yang duwujudkan dengan bentuk-bentuk  tidak jauh dari perwujudan barong sebagaimana yang kita lihat dalam keseharian, namun diwujudkan dengan kepiawaian berekspresi, sehingga karyanya menunjukkan dinamika yang dikemas melalui warna-warna gelap dengan didominasi ivory black, disana sini diselingi dengan vermilion, dan sedikit dipulas dengan chrome yellow.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar