Rabu, 02 Januari 2013

PELUKIS-PELUKIS PEMANDANGAN


PELUKIS-PELUKIS PEMANDANGAN
Para perupa yang mengambil objek pemandangan yang berkembang selama akhir abad XVIII, mempunyai sikap hamper sama, yaitu membuat konstruksi beberapa objek dalam satu lukisan, sehingga hamper tidak dapat dikenali, pemandangan mana yang dijadikan objek lukisan. Hal demikian merupakan sikap dari Mashab Baroq yang sangat piawai memilih dan menampilkan bagian-bagian terindah dari suatu objek. Nicolas Pousin salah satu pelukis pemandangan Prancis yang lama bermukim di Roma dan salah seorang pewaris klasik.

“Pemakaman Phocion” (1648), karya Nicolas Poussin

Pada abad  XIX ditandai dengan para pelukis yang menyandang easel keluar, mereka bekerja diluar studio: pergi ke hutan, maupun ke lading, dengan demikian mereka tidak lagi melukis dengan “The Art of Composwing Sites” melainkan mereka melukis berdasarkan”The Art Of Choosing Sites”
Selain John Constable (1776-1837) yang merupakan pelukis besar pertama pelukis naturalistic landscape, adalah Joseph Mallard William Turner (1775-1851), yang terkenal dengan sikapnya berbeda dengan pelukis pemandangan lainnya, yaitu ia membuat abstraksi dari objeknya dengan menyimbolkan kekuatan-kekuatan alam seperti hujan, kabut.


 
The Leaping Horse (1804) karya John Constable


 




Snow Storm (1842) karya  Joseph Mallord William Turner

Jean Baptiste Camille Corot (1796-1875) seoarng pelukis pemandangan yang pada tahun 1830 an dengan gigih menentang akademi, seorang pelukis yang sangat konsekwen melukiskan objek tanpa merobah sedikitpun objek yang dilihatnya, sebagai konsekwensinya ia harus memilih secermatnya objek yang dilukisnya.


 



Volterra (1834),karya Jean Baptise Camille Corot





Pustaka Acuan:
1.     John Canaday, Mainstream of Modern Art, Simon and Schuster, New York, United Status of America, trade edition distributed by Simon and Schuster Inc, 1962
2.     Horst de la Croix,Art Through The Ages,Harcourt Brace Jovanovich, Publisher’s, San Diego New York Chicago Atlanta Washington, D. London Sydney Toronto,1980
3.     Hough Honour & John Fleming,The Visual Arts:A Hsitory, Prentice-Hall, Inc.,Englewood Cliffs, New Jersey, 1982




         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar